August 2, 2011

Langkah dan Alur struktur Pembuatan website

Dalam membuat perencanaan, seseorang biasanya melalui tahapan-tahapan tertentu. Tahapan tersebut dimaksudkan untuk mempermudah dan memfokuskan segala ide yang ada agar lebih teratur. Setiap desainer Web memang memiliki kebebasan bagaimana ia akan membangun sebuah halaman Web, toh sebenarnya, yang diinginkan oleh klien adalah hasil akhir, mereka tidak peduli sama sekali akan proses pembuatan situs Web tersebut.

Sebelum kita berlanjut, ada baiknya Anda membaca-baca kembali artikel saya yang lalu mengenai teknik sketsa pembangunan desain Web. Alur struktur ini biasa saya terapkan ketika memasuki sketsa digital, mengapa? Karena dalam sketsa digital kita dapat menetapkan secara detil mulai dari presisi warna, tipografi, bentuk, dan lain-lain.
Sadar atau tidak, diketahui atau tidak, kebanyakan desainer Web secara Alami melalui tahapan ini ketika membangun desain Web, saya pun demikian. Namun karena ketidak-tahuan tersebut, kita tidak terpaku pada alur, terkadang sering juga melompat-lompat. Tahap-tahap tersebut adalah:

1. Heading dengan Logo dan Titel.
Hal pertama yang Anda bangun adalah Heading dengan Logo dan Titel. Secara umum bagian header akan sangat menentukan ?Look and Feel? dari sebuah situs Web. Terlebih bila logo sudah ditetapkan sebelumnya (sudah ada) tentunya Anda tak ingin tampilan kacau gara-gara logo tidak sesuai dengan desain bukan? Ok, kita ambil kasus desain Web sebuah organisasi exportir-importir yang baru-baru ini saya kerjakan. Organisasi tersebut memiliki logo yang sangat sederhana, perhatikan header yang telah saya bangun, hasil realisasi dari sketsa dalam kertas:
Awalnya logo tersebut bukan berwarna putih, tapi warna merah marun, namun setelah melakukan lobi (untuk menyesuaikan) pihak klien tidak keberatan bila warna logo diubah menjadi warna putih, asalkan ada unsur merahnya dalam desain Tersebut.
Dalam mendesain bagian tersebut, berkonsentrasi penuh merupakan kunci utama, tetapkan tata-letak, dan tipografi yang sesuai menurut rencana. Hasil diatas memang terlihat sepele, tapi itulah hasil berpikir selama 20-30 menit termenung di depan layar monitor.
2. Tata letak Dasar Halaman
Kemudian kita berlanjut kepada tataletak dasar dari situs Web tersebut. Tataletak ini lah saatnya kita mengembangkan daya khayal, pikiran, dan kreasi mengenai apa yang telah kita tetapkan dalam sketsa kertas, yang sebagian telah kita tuangkan dalam header. Pada bagian ini, kita mulai menentukan kolom-kolom yang akan kita pergunakan. Anda dapat mempergunakan garis guides untuk membantu menandai area satu dengan yang lainnya. Perhatikan perkembangan desain diatas:
3. Navigasi
Navigasi adalah hal yang harus dipikirkan kemudian setelah tataletak di tentukan. Dala menentukan navigasi ini, Anda harus berpikir ekstra, karena navigasi yang baik tidak hanya eye-catching dan mudah dikenali, tapi juga harus mudah dibaca dan diakses.
4. Grafis
Setelah bingung berpikir menentukan heading, dan navigasi, saatnya kita melangkah kepada hal yang lebih menuntut kreatifitas dan daya khayal kita. Grafis disini adalah pengolahan dari foto yang sudah ada agar sesuai dengan tataletak yang sudah dibuat sebelumnya. Dalammembuat situs profil, grafis ini merupakan bagian yang paling eye-catching, jadi kerahkan ide yang ada agar dapat mendongkrak tampilan secara keseluruhan.
5. Konten, Heading dan Form
Pada tahap ini, biasanya saya memerlukan waktu lebih lama untuk mendesain, terkadang sampai satu hari penuh, 2 hari atau 3 hari. Masukan konten-konten yang akan mengisi halaman Web, tentukan juga dimana harus meletakan form. Pertimbangan dan feeling Anda akan estetika, tipografi, dan whitespace s angat diperlukan disini. Bagian ini, memang seringkali dianggap sepele dan mudah. Percayalah, pada bagian ini, nama perusahaan (atau Anda, desainer) dipertaruhkan. Sesuaikan tampilan footer dengan layout yang telah kita buat untuk konten.
6. Footer dan Copyright
Bagian ini, memang seringkali dianggap sepele dan mudah. Percayalah, pada bagian ini, nama perusahaan (atau Anda, desainer) dipertaruhkan. Sesuaikan tampilan footer dengan layout yang telah kita buat untuk konten.
Apa Itu Web Desain
Berawal dari pertemuan dengan seorang teman lama, yang kebetulan bergerak dalam bisnis desain grafis atau cetak, dia mengutarakan ketertarikannya untuk menjadi seorang web designer, tanpa mengetahui dari mana dia harus belajar untuk menjadi seorang web desainer dan apa sebenarnya web desain itu sendiri..
Apa sih sebenarnya web desain dan apa itu web desainer?
Pada beberapa glossary yang saya temukan di internet, web desain di deskripsikan
Web Design is the art and process of creating a single Web page or entire Web sites and may involve both the aesthetics and the mechanics of a Web site’s operation although primarily it focuses on the look and feel of the Web site. Some of the aspects that may be included in Web design or Web production are graphics and animation creation, color selection, font selection, navigation design, content creation, HTML/XML authoring, JavaScript programming, and ecommerce development. Web design is a form of electronic publishing.? – http://desktoppub.about.com/cs/basic/g/webdesign.htm
Web desain adalah sebuah seni dan proses penciptaan sebuah halaman web dan atau situs secara keseluruhan, termasuk didalamnya segi estetika dan mekanisme situs, walau secara umumnya terfokus pada “Look and Feel” dari ebuah situs.
Adalah menjadi tugas seorang web desainer untuk menentukan aspek aspek desain dan mekanisme sebuah situs, mulai dari penentuan warna dasar, tata letak situs, pemilihan font dsb. Bahkan sampai pemilihan bahasa pemrograman apa yang digunakan untuk menciptakan sebuah situs yang telah di rancang.
Tidaklah mudah untuk menciptakan sebuah situs yang bagus dan sesuai dengan keinginan customer kita, dalam proses pembuatan situs  sering kali  seorang desainer di hadapkan pada permasalahan loading time yang lambat, web safe color, bahkan sampai ke komptabilitas di browser.
Warna Dalam Desain Web
Begitu pentingnya pemilihan warna dalam sebuah proses desain web. anda tentu akan merasa tidak nyaman jika mengunjungi sebuah situs bertemakan daun teh, tapi ditampilkan dengan warna hitam dan merah.
Jika anda mendapat pekerjaan desain web dari sebuah perusahaan, ada beberapa tips, sehingga desain web yang anda presentasikan tampak memikat dan matching dengan logo perusahaan tersebut.
Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah menentukan warna pokok (warna yang mayoritas dipergunakan dalam situs) yang sesuai dengan warna logo perusahaan anda. Anda bisa menerapkannya  pada header, Footer atau pada bagian sisi kiri atau sisi kanan desain situs anda.
Jka anda menggunakan warna putih sebagai background situs anda, usahakan untuk menggunakan warna font yang tidak terlalu mencolok atau kontras.
Gunakan image pendukung yang kontras dengan warna dasar header anda, sehingga orang akan segera menangkap bergerak di bidang apa situs tersebut.
Gunakan warna yang web safe color pada desain web anda, anda dapat mencari tool tool penentu warna web safe color dengan mudah di mesin pencari.
Bagaimana I-Advertising Bekerja?
I-Advertising atau yang dikenal juga sebagai Web Advertising membutuhkan kepraktisan. Dengan pertimbangan bahwa dalam empat tahun ke depan, I-Advertising akan memperoleh porsi yang signifikan dalam alokasi dana pemasaran, pengiklan butuh mengetahui dan mengadopsi apa yang harus dibangun dan apa yang harus harus dibeli dalam rangka beriklan di Internet.
Ada tiga pilihan jenis situs bagi pengiklan untuk memasarkan produknya:
1. situs bertujuan (destiniation sites), yang menggunakan informasi, hiburan, dan barang-barang produksi bernilai tinggi untuk meraih user dan membawa mereka kembali;
2. situs mikro (micro-sites), sebuah kanal kecil yang terdapat di situs atau jaringan tempat kita beriklan;
3. kampanye banner (banner campaign) dan web advertising berbiaya rendah lainnya seperti sponsorhip. Produk yang dapat dijual secara online dan mudah dikiirim, atau dapat dikirim secara digital seperti musik, tiket, buku dan software, dapat menggunakan situs bertujuan (destination sites). Hal ini untuk mendukung segala sesuatu yang berkaitan dengan brand awareness dan dukungan purna jual. Tetapi bila Internet tidak memungkinkan perusahaan Anda menawarkan produk dengan lebih cepat, lebih murah atau lebih baik, sebaiknya Anda tidak memilih situs bertujuan.
Kemudian, penjualan produk yang kompleks seperti komputer, mobil, dan hasil-hasil industri lainnya dapat menggunakan situs Web untuk menghemat biaya, dan juga menyediakan layanan untuk menerangkan detail spesifikasi, konfigurasi, dan memperoleh dukungan produk secara online.
Situs Bertujuan (Destination Sites)
Situs bertujuan merupakan pilihan bijak jika perusahaan berniat menggunakan Internet sebagai sarana full-fledge, untuk pertukaran informasi dengan pelanggan, seperti dalam penjualan buku. Pengiklan yang akan membangun destination sites harus memiliki pengalaman yang matang. Sebuah perusahaan bisa membelanjakan miliaran rupiah untuk membangun sebuah destination sites dan lebih banyak lagi untuk biaya pemeliharaannya. Sebuah situs yang tanggung (half-baked), hanya akan menghancurkan merek. Jangan anggap remeh jumlah interaksi dengan pelanggan yang terjadi. Anda harus memiliki tim customer service untuk menjawab seluruh e-mail yang masuk selama tujuh hari dalam seminggu.
Kedua, lisensi, bukan isi. Kebenaran isi menunjukkan citra pengiklan yang sesungguhnya. Ketika Toyota pertama kali berkecimpung dalam Web, mereka menciptakan tujuh majalah lifestyle yang berbeda. Sekarang, hanya “Car Culture” yang diingat dan besar kemungkinan menjadi penerbitan kendaraan besar. Hal ini mengajarkan bahwa isi haruslah berkaitan dengan jenis usaha.
Ketiga, promosi. Setiap kali situs baru diluncurkan, perusahaan harus mempromosikannya. Perusahaan yang bijak akan mengalokasikan setidaknya 20 persen dari keseluruhan dana interaktif mereka untuk mempromosikan situs online-nya. Perusahaan juga dapat mencantumkan alamat situs dalam iklan media cetak maupun televisi, kemasan produk dan lain-lain. Bisa juga digunakan pencantuman dalam search engine dan trading link dengan situs lain.
Situs Mikro (Micro-Sites)
Situs mikro memungkinkan pengiklan mengkomunikasikan keuntungan produk lebih mendalam dan mengumpulkan informasi mengenai pelanggan tanpa mengeluarkan biaya sebagaimana situs Web yang full-blown. Bagi para pengiklan yang menawarkan produk seperti busana dan alat-alat rumah tangga harus memperhatikan hal-hal berikut:
1. Menempatkan situs mikro di mana khalayak berada. Konon tiga juta dollar AS dibelanjakan Levi’s untuk menempatkan situs mikronya pada semua situs-situs anak muda ternama selama berbulan-bulan. Perusahaan alat-alat rumah tangga seperti Whirpool harus melekatkan produk-produk terpilihnya di berbagai situs seperti remodeling.hw.net.
2. Petunjuk pemeliharaan merupakan bagian periklanan. Penyamaran kandungan komersial seperti dikemukakan dalam tajuk rencana alam mengurangi atau merusak kepercayaan terhadap citra merek yang ingin dibangun.
Banner
Kebanyakan perusahaan yang memasarkan barang-barang kebutuhan konsumen (consumer goods) harus menggunakan sumber daya mereka untuk membangun banner interaktif. Banner harus bisa mengundang orang yang melihatnya untuk mengkliknya, mendaftarkan diri untuk jadi pemenang (bila ada undian dan sejenisnya), dan memesan produk yang ditawarkan. Itu yang pertama.
Kedua, mensponsori isi atau rubrik yang tepat. Bahkan, merek “Tide” milik P&G harus mencari cara untuk mensponsori jadwal online setiap Little League di negara-negara bagian. Sebuah logo dan positioning yang tepat, cukup untuk membuat sebuah impresi.
Ketiga, pemeliharaan situs korporasi. Perusahaan butuh berhadapan dengan publik yang menggunakan mesin pencari (search engine) dan melayani hubungan dengan investor (investor relations) dan kelompok-kelompok perekrutan (recruiting groups). Tetapi merek-merek yang telah dikenal luas sebaiknya jangan melumuri situsnya dengan informasi produk. Tabung saja buat berbagai kampanye kreatif.
Bayaran
Ruang iklan dan harga biro iklan atau agensi selalu berubah-ubah. Karena itu sebaiknya para pengiklan selalu menegoisasikannya. Ukuran yang dipakai biasanya CPM, yakni biaya yang dikeluarkan untuk per seribu netter yang mengunjungi situs tertentu. Pengiklan juga bisa menggunakan hasil click-trough sebagai indikator keberhasilan iklan. Namun hal lazim adalah bila sejak awal sebuah perusahaan yang menyediakan ruang untuk beriklan, telah menentukan harga tertentu untuk setiap ruang atau jenis iklannya.
Langkah-langkah Membuka Toko Online Anda Sendiri
Ada lima langkah dasar yang patut Anda renungkan dan lakukan ketika akan membuka toko di Internet. Langkah-langkah tersebut di antaranya adalah sebagai berikut:
1. Registrasi “Domain Name”
Apalah arti sebuah nama. Begitu pujangga Shakespeare menisbikan arti penting nama dalam kehidupan. Pujangga romantis ini tidak sepenuhnya benar. Dalam dunia bisnis online, nama menjadi sangat penting. Nama domain (domain name) selain sebagai alamat anda di cyberspace, ia sekaligus juga berperan sebagai brand perusahaan Anda.Ketika memilih nama domain, Anda harus mendaftarkannya ke InterNIC atau Registrar2 Domain yang ada, atau anda dapat menghubungi soebita.com untuk mendaftarkan domain yang anda perlukan. Anda dapat memilih sebuah domain nama dari salah satu provider yang ada.
Pentingnya nama domain ini membuatnya menjadi lahan bisnis baru. Banyak orang mengumpulkan “nama-nama cantik”, dengan harapan akan dibeli orang/perusahaan di pasar lelang domain name. Bahkan karena besarnya potensi keuntungan dari bisnis domain name, membuat beberapa orang melakukan tindakan kurang terpuji, seperti pembajakan nama domain dan sebagainya.2. Desain Toko Online
Keputusan penting yang harus Anda lakukan pada langkah kedua ini adalah apakah rencana Anda membangun situs akan dilakukan sendiri atau meminta perusahaan yang telah berpengalaman untuk melakukannya. Bila Anda memilih untuk melakukannya sendiri, yakinlah Anda akan kehilangan banyak waktu karena Anda juga harus bertanggung jawab dalam memodifikasi serta pengembangan situs Anda.
Lebih baik bila Anda menyerahkan tugas tersebut kepada Web Developer yang telah berpengalaman di bidang web desain, web programming dan maintenanace web. Soebita.com (www.soebita.com) merupakan salah satu perusahaan yang menyediakan jasa pembuatan situs Web hingga ke pemeliharaannya dengan jasa layanan yang murah, cepat dan berkualitas.
Namun, ada beberapa titik kritis yang harus Anda pertimbangkan mengenai situs Anda sehingga tampilan situs bisa merepresentasikan visi dan kebutuhan Anda. Untuk itu, minimal, Anda harus bisa menjawab pertanyaan-pertanyaan berikut: Apakah produk atau jasa yang ingin Anda jual? Apa yang ingin Anda lihat dan rasakan dari logo dan situs Anda secara keseluruhan? Jenis navigasi apa yang ingin Anda gunakan? Bagaimana cara pembayaran yang Anda inginkan dalam transaksi bisnis? Bagaimana caranya agar Anda bisa mengkalkulasi pajak dan biaya pengiriman dengan mudah?
Ketika Anda membuat keputusan, Anda juga harus siap dengan katalog produk. Anda harus menyediakan informasi untuk setiap produk, seperti deksripsi ringkas, warna, ukuran dan harga. Setelah katalog produk ini selesai, barulah Anda bisa mempublikasikan situs Web online Anda.
3. Server Hosting
Keputusan lain yang harus Anda ambil ketika akan bergabung dalam pasar elektronik ini adalah apakah Anda akan membeli sebuah server dan menjadi tua rumah, atau hanya sekadar menyewa dari orang lain.
Ada keuntungan dan kerugian memiliki sebuah server sendiri. Keuntungan yang didapat adalah Anda bisa bebas memaintain situs Anda sendiri tanpa adanya batasan-batasan yang biasanya ditetapkan jika Anda menyewa server. Tapi kerugiannya adalah biaya operasional dan pemeliharaan sebuah server web sangat besar. Belum lagi Anda harus menyewa tenaga khusus untuk melakukannya. Namun sebagai invesatsi di masa depan, akan sangat menguntungkan bila Anda memiliki sebuah server sendiri.
4. Solusi Pembayaran
Ketika e-commerce Anda telah benar-benar mulai, Anda harus memiliki software pembayaran, merchant account di bank atau perusahaan commerce provider, jasa pemrosesan pembayaran, dan pintu gerbang untuk berhubungan ke seluruh elemen pemrosesan ini. Anda juga akan membutuhkan software mesin cash register untuk menolong Anda menghitung pajak penjualan dan biaya pengiriman dengan mudah.
Ketika pertama kali memulai transaksi bisnis dan menerima pembayaran, pertama-tama Anda harus membuka rekening di sebuah bank dagang. Pilihlah bank dagang yang bisa memenuhi seluruh kemungkinan proses transaksi Anda dan mampu memberikan solusi komprehensif bagi pelaksanaan tugas-tugas tersebut.
Jika Anda telah memiliki rekening (account), bank dagang tersebut akan melayani transaksi online Anda dengan konsumen atau pelanggan, memindahkan dana yang terdapat di kartu kredit mereka, dan menempatkan uang hasil transaksi ke rekening Anda.
5. “Traffic Coverage”
Tidak persoalan berapa pun besarnya situs Web Anda, orang tidak akan datang ke sana bila Anda tidak tahu di mana mereka berada. Persoalan “traffic” harus Anda perhatikan benar dalam perencanaan bisnis Anda.
Langkah pertama dalam membangun arus adalah mendaftarkan situs Anda di search engines. Anda tidak perlu khawatir, soebita.com yang akan melakukannya untuk Anda. Ketika mendaftar, Anda harus memikirkan benar “meta tags” atau kata kunci yang menjadi penghubung ke situs Anda.
Bila Anda mengikuti kelima langkah tersebut di atas, Anda telah menjadi pemilik sebuah toko online. Selamat! Toko online Anda telah buka dan siap berbisnis 24 jam sehari, tujuh hari seminggu dan terakses ke jutaan konsumen dari seluruh dunia setiap harinya.
Memulai Bisnis E-Commerce
APAKAH ANDA ingin memulai usaha sendiri? Ketika pertanyaan ini dilontarkan, Anda mungkin akan menjawab “Ya”, dan di benak Anda terbayang kemungkinan untuk bebas berkreasi mengembangkan potensi-potensi Anda, kebanggaan tersendiri, dan kemungkinan mengalirnya uang tak terbatas. Namun karena satu dan lain hal–persoalan modal, misalnya–keinginan tersebut tidak kesampaian. Anda pun “hanya” menjadi pekerja di perusahaan milik orang lain.
Sekarang, seiring dengan pencapaian teknologi informasi, berbagai masalah yang melilit keinginan Anda untuk memiliki bisnis sendiri atau mengembangkan bisnis Anda yang sudah ada bisa terjembatani. E-Commerce adalah jawabannya.
Berpikir Realistis
Ketika Anda merencanakan sebuah bisnis online, Anda harus berpikir realistis. Jika Anda memiliki toko komputer, misalnya, dan ingin menjual komputer secara online, Anda harus sudah siap dengan pesaing bisnis yang kompetitif. Membeli sebuah komputer membutuhkan modal yang relatif besar, kepercayaan merupakan hal penting.
Bila Anda memiliki bisnis berskala kecil, adalah penting bagi Anda untuk mengetahui apa yang Anda harus alami dalam pembayaran terhadap perusahaan yang belum pernah Anda ketahui sebelumnya. Bila Anda seorang yang serius dalam pembangunan bisnis online (e-commerce) yang relatif mapan dalam jangka panjang, Anda harus menemukan sebuah ide bisnis cemerlang dan profitable. Anda juga harus menawarkan produk dan jasa yang bernilai tinggi dan berkualitas bagi pelanggan potensial Anda kelak.
Selain itu, Anda juga sebaiknya selalu mengikuti perkembangan bisnis e-commerce, termasuk metode-metode transaksi terbaru. Bagi kebanyakan produk, misalnya, kartu berbelanja sangat penting. Masyarakat sekarang lebih suka meng-klik sebuah tombol dan memesan sesuatu. Bila bisnis online Anda tidak menerima kartu kredit atau kartu berbelanja, Anda akan kehilangan pelanggan; produk Anda tidak akan terjual.
Langkah awal: membangun Situs web
Salah satu persoalan yang segera menghadang di depan Anda ketika akan memulai bisnis E-Commerce adalah persoalan sumber daya. Ya, Anda butuh membangun situs sebagai basis bisnis Anda. Untuk itu, Anda mau tidak mau harus merekrut tenaga-tenaga baru untuk membangun situs Web bisnis Anda, lengkap dengan peralatan atau perlengkapan yang dibutuhkan. Ini berarti Anda harus menyediakan modal khusus yang tidak sedikit, mencapai ratusan juta rupiah. Belum lagi, Anda harus menyediakan pelayanan terhadap pelanggan (customer service), termasuk pelayanan purna jual.
Jangan berkecil hati. Masih ada cara lain yang bisa Anda tempuh tanpa harus kehilangan lebih banyak uang dan pelanggan potensial. Anda bisa menghubungi situs Web yang menyediakan jasa bisnis online, mulai dari pembangunan situs sampai penjualan produk dan jasa.
Resep Sukses Penjualan Online
Membeli barang secara online di Internet tidak seperti membeli barang di toko biasa. Anda tidak pernah melihat produk atau mencobanya. Tidak juga bisa berbicara pada siapa pun yang menjualnya. Seolah-olah Anda hanya mengirimkan order pemesanan ke cyberspace dan mengharapkan yang terbaik.
Kemungkinan Anda bisa mendapatkan barang pada esok harinya atau mendapatkan e-mail yang berbunyi, “Maaf, barang yang Anda pesan tidak tersedia. Hal-hal seperti inilah yang masih meragukan konsumen ketika berbelanja secara online. Untuk mengatasinya, Anda sebagai merchant harus bisa menumbuhkan rasa percaya di benak konsumen.
Berikut adalah rahasia sukses yang membuat situs lain sukses dan menjadi besar. Jika Anda ingin sukses, Anda harus melakukan segala sesuatu yang tertulis di bawah ini. Anda mungkin berpikir begitu banyak hal yang harus dikerjakan. Namun ini adalah hal yang wajar. Saya akan merasa curiga bila ada nasihat sukses bisnis di Internet yang tidak melibatkan banyak pekerjaan. Tapi orang yang sukses di bisnis online, bukanlah tipe yang senang membuang-buang waktu mereka. Jika mereka melakukan sesuatu, maka hal ini benar-benar suatu yang harus dilakukan untuk sukses.
Mulailah Segera Membangun Situs Anda
Banyak perusahaan online besar yang telah mulai berjualan sejak dua atau tiga tahun yang lalu. Mereka mempergunakan hal ini bukan saja untuk membangun barisan pelanggan, tapi juga mempelajari bagaimana cara yang tepat untuk dapat menjual secara online. Pada waktu pesaing mereka baru menekan pedal gas, mereka telah pindah ke gigi tiga.Terlihat Profesional
Situs yang bagus harus tampak tajam dan profesional. Mereka menggunakan gambar sebagai ilustrasi, tapi tidak terlalu banyak, dan tidak terlalu besar. Anda mungkin tak akan melihat frame atau animated gif di Yahoo. Mereka lebih menekankan pada fungsi, tidak mencoba membuat Anda terkesan dengan trik-trik html.Situs Anda Harus Mudah Dicari
Pelanggan tidak akan dapat menemukan Anda jika situs Anda sulit dicari. Daftarkanlah nama situs Anda secara tepat ke berbagai search engine yang besar. Gunakanlah kategori yang tepat, sesuai dengan bisnis Anda.Dapat Diakses Dengan Cepat
Situs yang baik harus dapat diakses dengan cepat. Sebuah halaman produk yang biasanya berukuran sekitar 38 kilo byte, harus dapat di download dalam waktu sekitar 13 detik menggunakan modem biasa. Ditambah lagi Anda harus memiliki server yang cepat dan koneksi Internet kelas satu.Berilah Perhatian Pada Inventori
Jika Anda masuk ke Amazon, tentunya Anda akan menemukan segala macam buku. Inventori yang besar memiliki dua keuntungan. Pertama, menunjukkan Anda serius berjualan secara online. Tapi yang lebih penting, pelanggan akan teringat untuk mencari di toko Anda terlebih dulu, karena Anda memiliki koleksi yang komplet. Jika mereka menemukan apa yang diinginkan, tentunya mereka akan memesan langsung dari Anda.Berilah Harga yang Murah
Usahakan untuk dapat memberikan discount pada setiap barang yang Anda jual. Bukan murahnya yang penting. Tapi konsumen Anda tak perlu memikirkan harga ketika membelinya. Jika saya menemukan buku di Amazon, saya sudah tahu tidak akan menemukannya dengan lebih murah di tempat lain, jadi saya tak perlu repot-repot mencarinya di tempat lain. Lakukan hal yang sama di situs Anda, dan pembeli akan tahu jika mereka tidak perlu lagi mencari barang yang mereka inginkan di luar situs Anda.Pastikan Ketersediaan Barang
Di setiap halaman produk, situs yang bagus memberitahu Anda apakah barang tersebut tersedia dan berapa lama barang dapat dikirimkan pada Anda. Janji yang diungkapkan secara eksplisit tersebut akan membuat pelanggan lebih percaya pada Anda. Tak ada kata lain yang dapat membuat pelanggan membeli lebih cepat selain mangatakan di setiap halaman situs Anda, “Stock Tersedia, dapat dikirimkan dalam waktu 24 jam.” Dalam hal ini Anda harus berkata jujur. Jika Anda tidak dapat melakukannya, setidaknya katakan item mana yang tersedia, dan berapa lama Anda dapat mengirimkannya.Kirimkan E-mail Segera Kepada Pelanggan
Sebaiknya Anda mengirimkan e-mail kepada pemesan segera setelah Anda menerima order pemesanan, dan yang berikutnya segera setelah barang dikirimkan. Pelanggan Anda menyukai hal ini, karena memberikan kepastian pemesanan secara online.Beri Tanggapan Pada E-mail yang Masuk
Anda pun harus menjawab e-mail dengan segera. Cobalah kirimkan pertanyaan pada situs yang sukses, dan buktikan sendiri. Pelanggan menggunakan waktu respon ini sebagai ukuran kompetensi Anda. Jawablah dalam 30 menit, dan mereka akan sangat terkesan. Menjawab dalam sehari, dan kesannya akan berkurang. Bila Anda melakukannya dalam seminggu, kemungkinnya Anda telah kehilangan pelanggan.Update Halaman Depan Situs
Anda juga dianjurkan untuk mengubah tampilan di halaman depan Anda setiap hari. Bukan hanya untuk memamerkan produk baru, tapi untuk menunjukkan bahwa Anda benar-benar ada di sana. Situs yang berubah setiap hari adalah situs yang pasti banyak diperhatikan orang. Anda tidak perlu berubah banyak, cukup dengan menggilir barang yang dipajang di halaman depan.
Berikan Layanan Lebih Pada Pelanggan Anda
Banyak perusahaan online memiliki customer service yang luar biasa, tapi lebih banyak lagi yang tidak. Customer service adalah unsur paling penting dalam penjualan online. Bukan periklanan, desain situs, atau harga yang murah. Iklan akan membuat orang mendatangi situs Anda, tapi kekuatan pelayananlah yang akan membuat mereka membeli.
Membuat Situs Tampak Profesional
Sebuah situs yang baik mampu berbicara pada pengunjung, bahwa pemiliknya benar-benar profesional dan bermaksud melakukan bisnis. Ada beberapa aspek yang bisa membuat situs Anda tampak tajam dan profesional. Berikut akan dibahas beberapa di antaranya yang bisa membuat situs Anda berbicara.
Sebuah situs yang bagus, harus memiliki “nilai produksi” yang tinggi. Dalam katalog cetak, “nilai produksi” menunjuk pada kualitas kertas dan proses pencetakan yang digunakan, jumlah dan mutu gambar, dan hal-hal lain yang berhubungan dengan desain grafis. Tingginya “nilai produksi” merupakan hal yang sangat penting di dalam katalog, di mana ia harus dapat meyakinkan pelanggan untuk membeli hanya dari beberapa lembar kertas.
“Nilai produksi” bahkan lebih penting lagi di web. Pelanggan biasanya enggan membeli dari web site yang terlihat amatir. Mereka merasa benar-benar yakin ketika memesan dari sebuah situs yang tampak sangat profesional.
Apa yang bisa membuat situs dapat berbicara demikian? Hal yang sama seperti yang terlihat di mobil-mobil Ferrari: sebuah desain yang dibuat dengan perhitungan yang matang. Di web, desain yang bagus berarti proporsi yang bagus, pilihan tipografi yang serasi, lay out yang bersih, dan kombinasi warna yang bagus.
Kebanyakan orang yang mengunjungi web site Anda masih belum terbiasa mengorder secara online. Saya sering mengunjungi toko-toko online, tapi kadang-kadang masih ragu-ragu juga bila melihat dan menginginkan suatu barang yang dipajang dan menarik perhatian saya. Jadi, situs Anda harus dapat menginspirasi pengunjung dengan penuh percaya diri. Situs ini harus bisa mengatakan bahwa perusahaan Anda adalah jenis yang bisa melakukan segala sesuatu dengan baik dan lancar. Tidak akan terlalu sulit untuk memesan dari situs Anda.
Memang tak ada hubungan langsung antara kualitas situs Anda dan kualitas perusahaan Anda. Sebuah perusahaan bisa saja memiliki desainer grafik yang brilian dan sekaligus juga produk yang brengsek. Tapi biasanya hal ini memang ada hubungannya. Inilah yang sering diasumsikan oleh pengunjung situs Anda. Jika perusahaan Anda tidak bisa menampilkan web site yang bagus, maka wajar saja jika pengunjung menganggap Anda tidak akan bisa memberikan barang atau layanan yang baik juga.
Beberapa waktu yang lalu, saya pernah mencari keterangan tentang beberapa barang, tapi ternyata perusahaan pembuatnya tidak mempunyai web site sama sekali. Ada juga yang punya tapi web site-nya kosong, tidak berisi keterangan yang berguna. Sama buruknya dengan situs yang kosong adalah situs yang terlihat sangat amatir. Benar-benar tidak mengesankan.
Secara keseluruhan hal paling penting di halaman web adalah pengorganisasian. Hal itulah yang paling dulu akan diketahui pengunjung. Sangat mungkin untuk “membaca” struktur dari sebuah halaman dengan sekali lirik. Web yang bermutu akan tampak bersih dan jelas. Sementara yang didesain dengan buruk akan tampak berantakan.
Dari halaman web, elemen terpenting adalah image (gambar). Sebuah halaman web terdiri dari gambar dan teks, dan teks setiap orang akan terlihat sama, jadi perbedaan paling besar dari nilai produksi antara situs yang bagus dan biasa-biasa saja tergantung hampir seluruhnya dari gambar.
Image yang dimaksud tidak melulu gambar produk. Yang dimaksud adalah bermacam gambar dalam format gif dan jpeg, apakah itu gambar produk, tampilan teks, logo, button, bullet, atau apapun.
Web site yang bagus biasanya menggunakan banyak image. Tapi bukan berarti harus dengan tambahan kilobytes. Image yang besar, membutuhkan banyak waktu untuk didownload, dan merupakan hal yang paling mematikan bagi sebuah toko online. Gunakanlah image sebagai bumbu, bukan menu utama. Gunakan image yang kecil tapi ampuh, yang mampu melingkupi daerah sekelilingnya.
Usahakan untuk dapat menempatkan logo Anda di halaman depan, dan juga di seluruh halaman situs. Namun waktu download tetap bisa dilakukan dengan cepat. Pelanggan Anda tidak datang untuk melihat logo Anda. Mereka datang untuk mencari produk Anda. Jangan juga menempatkan image yang berukuran besar untuk produk Anda, cukup berupa thumbnail-nya saja, dan pengunjung dapat mengkliknya jika ingin melihat gambar secara lebih detail.
Gambar produk harus berkualitas tinggi. Foto ini sebaiknya diambil oleh seorang fotografer profesional. Andapun bisa mengambil gambar image dengan memindainya menggunakan scanner, dari slide atau katalog cetak Anda.
Usahakan juga untuk tidak membuat kesalahan ejaan di dalam situs Anda. Beberapa kesalahan eja yang muncul akan membatalkan semua usaha Anda untuk membuat situs tampak profesional.
Bagaimana Menarik Minat Orang Untuk Mengunjungi Web Site Anda
Ketika membangun sebuah web site, kebanyakan web marketer selalu berpedoman pada model ‘bila Anda membangunnya, pengunjung akan datang’. Padahal tidak selalu demikian. Jika Anda memutuskan untuk membuat sebuah web site, Anda harus juga memberikan alasan kenapa orang harus mendatanginya.
Sebuah situs merupakan bentuk pasif dari teknik pemasaran: hanya berperan seperti papan reklame yang memberitahukan orang pada jasa dan produk Anda. Agar efektif, sebuah web harus berhubungan dengan sedikitnya 7 bentuk teknik marketing aktif. Jadi bagaimanakah caranya orang-orang dengan bisnis menengah menarik minat konsumen ke dalam web site-nya?
Pertama, iklankan web site Anda ke berbagai ‘search engine’ yang mengindekskan web, seperti Yahoo, Lycos, WebCrawler, atau InfoSeek. Proses pendaftarannya cukup mudah. Sebuah situs bernama Submit-It menyediakan sebuah layanan untuk mendaftarkan nama situs Anda ke sedikitnya 15 index terpenting. Bila Anda melakukannya pada malam hari, ketika lalu lintas di net berada pada titik terendah, Anda dapat melakukannya dalam waktu sekitar tiga perempat jam. Bila semuanya lancar, seorang klien yang membutuhkan jasa Anda akan dengan cepat dapat menemukan Anda.
Biasanya Anda akan diminta untuk memasukkan 25 kata atau sekitar 200 karakter untuk mendeskripsikan web site Anda. Deskripsi ini harus disusun secara cermat, sehingga orang akan mudah untuk menemukan situs Anda. Celakanya, karena kurangnya pengalaman, Anda dapat saja secara ceroboh menuliskan deskripsi yang dapat menghancurkan kesempatan Anda untuk dapat terlihat oleh calon pelanggan. Dua puluh lima kata ini harus ditulis dengan kata-kata kunci yang biasa digunakan konsumen untuk menemukan Anda. Bila Anda ingin mengganti deskripsi setelah 1-2 bulan, maka dibutuhkan waktu lebih dari 1 jam untuk menghubungi setiap layanan secara terpisah, dan meyakinkan mereka agar mau mengubah deskripsi tersebut.
Kedua, Anda harus memberikan alasan yang baik bagi konsumen untuk datang. Pendekatan marketing yang sudah terbukti berjalan adalah dengan menawarkan sesuatu secara gratis. Sebuah web site yang dikelola oleh sebuah perusahaan kaya mampu menawarkan tiket hiburan secara gratis bagi pengunjungnya. Sementara ini Anda mungkin tak mampu membiayainya. Sebagai jalan keluarnya, tawarkanlah berbagai informasi yang berharga. Bila Anda menyediakan waktu untuk meng-update berbagai informasi tentang bisnis Anda, orang akan kembali datang ke situs Anda dan hal ini memperbesar peluang mereka untuk berbisnis dengan Anda.
Sebagai contoh, Wilson Internet Services, menawarkan Web Marketing Info Center, yang menawarkan berbagai link ke sumber berbagai artikel web marketing. Karena sangat bernilai, majalah Your Company mengangkatnya menjadi situs bisnis kecil paling top di US, mampu menarik minat banyak orang untuk mengunjungi situsnya, sehingga memperbesar kemungkinan orang memikirkan harga murah yang mereka tawarkan bagi sebuah paket pembuatan web site.
Ketiga adalah berhubungan dengan situs industri besar dan menawarkan link dari dan ke situs mereka. Sebagai imbalannya adalah daftar member Anda. Beberapa pusat kerajinan online, menawarkan link gratis ke pengrajin lainnya. Bila Anda memiliki sebuah hotel, buatlah link dengan “Seluruh hotel di Web”, Konsultan akan mencari link menggunakan The Expert Marketplace, atau mencari berdasarkan Virtual Trade Show. Seluruh daftarnya akan sangat panjang, tapi sangat spesifik untuk setiap industri. Telusuri di Internet untuk menemukan situs kunci di bidang Anda, dan kemudian buatlah link ke sana.
Keempat adalah dengan membeli iklan di web site yang padat pengunjungnya, iklan ini juga merupakan sebuah link ke perusahaan atau situs Anda. Beberapa persen dari ribuan pengunjung mereka juga akan mengunjungi situs Anda, dan semoga mereka menyukai apa yang mereka temukan. Seluruh industri telah berkembang menjadi pemuat iklan sejenis tersebut. Carilah sebuah situs berita populer seperti Kompas Cyber Media (www.kompas.com), sehingga menjamin iklan Anda terlihat oleh jutaan pembaca mereka. Anda juga harus menemukan cara untuk menguji keefektifan sebuah iklan dengan cara memisahkan pengunjung dari iklan yang berbeda di beberapa media dan mengukur click-through antara masing-masing iklan tersebut, sehingga Anda dapat memonitor keefektifannya.
Kelima untuk memperkenalkan situs Anda adalah dengan cara ikut aktif dalam berbagai news group Internet dan mailing list. Cari grup yang kemungkinan besar dikunjungi oleh konsumen potensial Anda-grup akan sangat tersegmentasi, dan ikutlah dalam diskusi mereka. Kemungkinan Anda akan menemukan grup yang berhubungan dengan industri Anda dengan melakukan riset dengan DejaNews (dejanews.com), yang mencari pesan berisi topik tertentu atau perusahaan dalam ribuan news group dan mailing list.
Keenam, buatlah web site Anda bagian dari sebuah mal. Bisnis di mal biasanya mendapatkan keuntungan dari begitu banyaknya jenis barang yang dipajang. Begitu juga bisnis online, semakin banyak jenis barang yang Anda tawarkan, akan semakin memperbesar kemungkinan Anda memperoleh keuntungan. Beberapa mal hanya berlangganan pada ISP-ISP tertentu dengan membayar sewa atau mengambil beberapa persen dari keuntungan kotor mereka. Sebagai contoh, Kompas Cyber Media WebStore (kompas.com/webstore) membangun sebuah mal di mana produsen dapat memajang produk mereka dengan biaya keanggotaan yang sangat murah. Mal terbesar adalah Yahoo (yahoo.com), yang tidak memungut bayaran, tapi mendapatkan keuntungan dari iklan yang dipasang.
Ketujuh, sertakan alamat e-mail dan situs Anda di media cetak, dan iklan display. Bila orang percaya mereka bisa menemukan informasi lebih banyak tentang produk atau layanan Anda secara online, percayalah mereka akan melakukannya.
Demikianlah tujuh langkah penting untuk meningkatkan lalu lintas situs perusahaan Anda. Bila Anda menggunakan sebagian besar dari langkah-langkah pemasaran ini, beberapa tahun dari sekarang mungkin Anda akan dapat menyombongkan kesuksesan Anda ketika membangun web site, daripada menyumpahinya sebagai sarana membuang-buang uang.

No comments:

Post a Comment